Komputer · June 22, 2021

3 Tips Ampuh Mengatasi Komputer Not Responding atau Freeze

Saat ini komputer merupakan salah satu perangkat teknologi yang sangat dibutuhkan oleh banyak pengguna. Perannya yang sangat penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari, membuat komputer kini tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan orang banyak. Mulai dari mengerjakan tugas kuliah, pekerjaan kantor, bermain game hingga aktivitas lainnya.

Semuanya bisa kamu lakukan dengan komputer ataupun laptop. Namun, bagi kamu yang sering menggunakannya, maka kasus not responding merupakan masalah yang sering dijumpai. Masalah ini tentunya sangat mengganggu kamu sebagai pengguna. Untuk itu, kamu bisa menerapkan 3 tips mengatasi komputer not responding atau freeze.

Tips Mengatasi Komputer Not Responding atau Freeze

Masalah not responding sering terjadi dikarenakan banyaknya sampah cache yang ada di dalam komputer. Kehadiran cache yang menumpuk ini tentunya berimbas pada sektor RAM. Hal ini menyebabkan RAM yang ada di komputer tidak dapat berjalan dengan normal dikarenakan jalurnya sudah terisi penuh oleh cache dan sampah file.

Selain dari masalah di atas, not responding juga dapat disebabkan oleh masalah yang terjadi pada sistem Operating System atau OS. Jika hal ini terjadi, maka akan mempengaruhi performa dari kinerja komputer. Masalah ini dapat mencakup virus yang ada di komputer. Adanya virus ini bisa merusak bagian sistem perangkat komputer yang kamu miliki.

Tidak hanya itu, panas yang berlebihan pada CPU atau processor juga bisa menyebabkan komputer kamu menjadi freeze atau not responding. Kipas atau fan yang kotor menjadi sumber dari masalah ini. Hal ini membuat kamu perlu melakukan pengecekan dan pembersihan secara berkala pada CPU komputer.

Berikut ini tips yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi komputer not responding atau freeze.

1. Matikan Program Penyebab Not Responding

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah not responding adalah mematikan dan menutup secara paksa program komputer yang menjadi penyebab not responding. Metode ini dapat kamu lakukan melalui fitur Task Manager yang ada di operasi sistem Windows. Di bawah ini cara yang bisa ikuti.

Langkah pertama, tekan tombol kombinasi antara “CTRL+ALT+DELETE” pada keyboard komputer.

Berikutnya akan tampil jendela task manager, di bagian ini kamu dapat memilih opsi “Task Manager”.

Terakhir, pilih aplikasi yang menjadi penyebab dari not responding dan tekan menu “End Task”.

2. Uninstall Program yang Tidak Penting

Banyaknya aplikasi yang dipasang pada komputer tentu akan menjadi masalah. Hal ini dikarenakan data dari aplikasi tersebut memakan penyimpanan sekaligus resource yang ada di komputer. Tentunya ini membuat kamu perlu melakukan manager aplikasi secara bijak agar performa komputer tidak terganggu.

3. Upgrade Spesifikasi Komputer

Tips mengatasi komputer not responding yang bisa kamu lakukan adalah meningkatkan spesifikasi dari perangkat yang dimiliki. Pasalnya, komputer dengan spesifikasi rendah sangat mudah untuk terkena masalah tersebut. Hal ini dikarenakan aplikasi yang dipasang memiliki ukuran yang semakin besar sehingga tidak cocok untuk spesifikasi komputer kamu.

Kamu bisa melakukan penambahan pada kapasitas RAM dari sebelumnya. Selain itu, lakukan upgrade juga pada bagian harddisk agar performa komputer semakin maksimal. Pastikan hardware yang dipilih kompatibel dengan jenis motherboard yang kamu miliki. Tentunya diperlukan biaya tambahan untuk proses upgrade spesifikasi tersebut.

Tips mengatasi komputer not responding ini bisa kamu terapkan agar masalah tersebut dapat di atasi dengan segera. Tentunya, masalah not responding atau freeze dapat mengganggu kenyamanan kamu dalam beraktivitas menggunakan komputer. Selain itu, kamu juga perlu mengetahui penyebabnya agar masalah tersebut tidak terulang kembali.