Komputer · June 22, 2021

3 Tips Mengatasi Komputer Gagal Booting di Windows 7, 8, dan 10

Kamu harus menyadari bahwa memiliki sebuah komputer merupakan suatu keuntungan. Hal ini dikarenakan terdapat banyak sekali manfaat yang bisa kamu lakukan dengan komputer. Mulai dari menjelajah di halaman browser, menonton video secara online, ataupun bermain video game. Tentunya ini semua bisa kamu lakukan di komputer.

Namun, ada kalanya komputer mengalami beberapa masalah yang mungkin bisa mengganggu kenyamanan kamu. Salah satunya adalah masalah gagal booting sehingga menyebabkan kamu tidak dapat masuk ke dalam sistem operasi komputer. Untuk itu, kamu memerlukan tips mengatasi komputer gagal booting di Windows 7, 8, dan 10.

Tips Mengatasi Komputer Gagal Booting di Windows

Gagal booting adalah suatu kondisi perangkat komputer tidak bisa masuk ke dalam sistem operasi Windows. Permasalahan ini memerang sering di alami oleh pengguna Windows, khususnya seri Windows 7 yang merupakan sistem operasi terpopuler yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft.

Istilah gagal booting biasanya disebut dengan bootloop. Terdapat banyak masalah yang menjadi penyebab dari kasus tersebut. Di antaranya sistem operasi yang tidak mendukung, terkena serangan virus atau malware hingga kerusakan yang terjadi pada sistem. Berikut ini tips mengatasi komputer gagal booting di Windows 7, 8, dan 10.

1. Menjalankan Sistem Restore

Tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gagal booting adalah menjalankan sistem restore. Metode ini berfungsi untuk mengembalikan sistem komputer sebelum permasalahan ini terjadi. Tentunya, kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan data dikarenakan cara ini tidak menghapus data yang tersimpan pada komputer.

Cara pertama kamu bisa menekan tombol “Power” terlebih dahulu pada perangkat komputer.

Saat proses booting dilakukan, klik tombol “F8” dan pilih opsi “Repair Your Computer”, lalu klik “Enter” pada keyboard.

Pada tampilan ini pilih “Select a keyboard input method”, klik “US” dan tekan “Next”.

Berikutnya, masuk ke ke dalam bagian “System Recovery Options” dan pilih opsi “System Restore”.

Terakhir kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang ada pada layar dan klik “OK” untuk mengakhirnya.

2. Gunakan “Last Known Good Configuration (Advanced)”

Masalah lainnya yang menyebabkan gagal booting pada Windows bisa disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada perangkat keras atau lunak. Hal ini membuat kamu harus mengatur ulang bot komputer ke dalam kondisi “Last Known Good Configuration (Advanced)” atau mengubah konfigurasi baik yang terakhir diketahui.

Langkah pertama kamu bisa menyalakan terlebih dahulu komputer yang digunakan melalui tombol “Power”.

Selanjutnya, ketika komputer melakukan proses booting, tekan secara berulang tombol “F8” di keyboard.

Secara otomatis akan tampil halaman “Advanced Boot Options”.

Pada halaman ini kamu bisa memilih opsi “Last Known Good Configuration (Advanced), lalu tekan tombol “Enter” di keyboard.

Terakhir, kamu hanya perlu menunggu hingga proses bot ulang selesai dilakukan.

3. Lakukan Install Ulang Windows

Tips mengatasi komputer gagal booting pada Windows 7, 8, dan 10 yang terakhir adalah melakukan install ulang. Cara ini bisa kamu lakukan apabila tips-tips di atas belum bisa mengatasi masalah pada komputer yang dimiliki.

Kamu bisa melakukan install ulang secara mandiri dengan bantuan flashdisk. Namun, jika ragu, maka bawa komputer ke tempat service resmi sesuai dengan merek perangkat yang dimiliki agar komputer dapat di instal ulang.

Jika terjadi masalah pada komputer yang kamu alami, maka tindakan yang paling utama adalah jangan panik. Lakukan analisis terlebih dahulu terkait dengan sumber masalah yang terjadi. Jika belum diketahui, kamu juga dapat membawanya ke tempat service resmi sesuai dengan merek komputer yang dimiliki.