Komputer · June 22, 2021

5 Tips Ampuh Meningkatkan Keamanan Komputer

Adanya pertumbuhan teknologi yang semakin pesat, membuat manusia sudah terbiasa berinteraksi dengan komputer dan internet. Hal ini juga yang menjadikan internet sebagai kebutuhan yang sangat vital hingga sekarang. Meski demikian, masih banyak pengguna yang belum memahami pentingnya menjaga keamanan komputer.

Kurangnya edukasi serta pemahaman yang minim menjadikan komputer atau laptop rentan untuk diretas oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Terlebih lagi, perangkat yang dimiliki menyimpan berbagai file atau data penting. Masalah ini tentunya membuat kamu perlu menerapkan tips meningkatkan keamanan komputer agar data lebih terjaga.

Tips Meningkatkan Keamanan Komputer

Keamanan komputer merupakan suatu tindak pencegahan dari upaya serangan pengguna yang tidak bertanggung jawab kepada komputer secara langsung ataupun melalui akses jaringan. Selain itu, keamanan komputer juga bertujuan untuk membantu pengguna dalam mendeteksi adanya penipuan berbasis informasi yang terdapat di dalam sistem.

Untuk meningkatkan keamanan komputer, kamu bisa melakukan berbagai cara. Mulai dari pembatasan akses fisik terhadap penggunaan komputer hingga mekanisme sistem operasi yang sesuai dengan ketentuan. Namun, keamanan ini belum cukup untuk kamu andalkan. Kamu bisa menerapkan tips-tips di bawah ini agar perangkat memiliki proteksi yang kuat.

1. Penggunaan Antivirus

Antivirus menjadi aplikasi yang sangat penting untuk dipasang pada perangkat komputer. Pasalnya, aplikasi ini bisa mendeteksi sekaligus membersihkan virus yang mungkin terdapat di bagian sistem komputer kamu. Jika sistem operasi yang digunakan merupakan Windows 10, maka kamu tidak perlu lagi mengunduh aplikasi tersebut.

Hal ini dikarenakan Windows telah melengkapinya dengan Antivirus terbaik yang bisa melindungi perangkat kamu secara aman. Namun, pastikan untuk melakukan pembaruan secara berkala agar software bisa bekerja dengan optimal.

2. Hindari Pembayaran Online Sembarangan

Salah satu tindakan yang mungkin saat ini sering kamu lakukan ketika menggunakan komputer adalah belanja online. Banyaknya kelebihan yang ditawarkan membuat pengguna sangat mudah untuk melakukan transaksi secara online. Hal ini juga yang memberikan peluang besar bagi orang tidak bertanggung jawab.

Kurangnya kehati-hatian pengguna terhadap transaksi online bisa menyebabkan data pribadi dan informasi penting lainnya rentan untuk diretas. Selalu gunakan market place terpercaya agar keamanan kamu tetap terjaga.

3. Aktifkan Firewall

Tips meningkatkan keamanan komputer lainnya adalah mengaktifkan firewall di komputer. Firewall memiliki fungsi untuk mengawasi seluruh data yang keluar masuk ke dalam sistem komputer kamu. Adanya pengawasan ini untuk memastikan bahwa data yang keluar masuk merupakan file yang aman.

Jika terjadi pengiriman data keluar tanpa adanya izin dari pihak pemilik, maka firewall akan langsung menghalangi proses tersebut. Selain itu, firewall juga memiliki fungsi untuk menyaring virus, pendeteksi penyadapan email hingga masalah spyware yang mungkin terjadi di komputer pengguna.

4. Update Patch OS Secara Berkala

Operating System atau disingkat OS merupakan sistem operasi yang ada diperangkat komputer. OS ini mencakup Windows, Linux, Mac, ataupun IBM. Setiap Operating System memberikan update secara berkala oleh pihak developer agar komputer pengguna bisa dijalankan secara normal dan aman tanpa perlu khawatir adanya serangan virus.

5. Waspada Terhadap Spam Email

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menghindari tautan yang ada di spam email. Pesan spam email ini sangat berbahaya jika kamu klik. Terlebih lagi, kamu diminta untuk mengisi data penting berupa akun sosial media yang dimiliki. Lakukan verifikasi pesan terlebih dahulu agar tidak terjadi masalah.

Tips meningkatkan keamanan komputer menjadi sangat penting untuk kamu lakukan. Terlebih lagi jika kamu sering menggunakannya untuk melakukan beberapa transaksi online. Banyaknya data privasi yang penting, membuat kamu harus lebih waspada agar terhindar dari serangan virus ataupun sebagainya.